Cara Setting Limit User Yang sudah di Ip Binding

Cara Setting Limit User Yang sudah di Ip Binding - Hallo sahabat Blogger kali ini saya akan share pengalaman saya, beberapa waktu lalu ada 2 pelanggan saya yang komplain. kebetulan pelanggan 2 ini pemain bulanan yang bayarnya sudah pasti wkwk dia pengen jika internetan tanpa harus login lagi masuk keluar masuk keluar croot eh maaf keceplosan heheh ribet katanya :v nah kali ini saya akan share pengalaman saya di sini dengan judul cara setting user yang di bypass atau di binding oke simak yah caranya tutor ini khusus buat yang NEWBIE seperti saya ini hehe

IP Binding dengan mengalokasikan IP tertentu
Nah Pada metode ini, kita akan mengalokasikan ip address khusus yang akan diberikan pada user bypasses. Router akan mengalokasikan ip tersebut pada user bypass berdasarkan mac-address, sehingga ip address user yang di-bypass tidak berubah - rubah. Sama seperti membuat static-lease pada setting DHCP Server. Caranya masuk ke menu IP >> Hotspot >> IP Bindings. Kemudian tambahkan Mac Address dari user yang akan di-bypass dan tentukan to Address-nya. kurang lebih seperti ini gan

Cara Setting Limit User Yang sudah di Ip Binding
Sumber : http://mikrotik.co.id/
Jika menggunakan cara bypass ini, untuk dapat melakukan management bandiwdth kita tinggal tambahkan Simple Queue yang mengarah pada IP yang sudah kita tentukan pada to Address IP Bindings.


IP Binding tanpa alokasi IP Address
saya sih lebih milih pake metode ini karna simple tapi saya terapkan hanya untuk pengguna hp aja yg sudah langganan, Dengan metode ini, user hanya dibypass berdasarkan mac-address perangkat user. Ip address yang akan didapatakn user bersifat acak tergantung dari DHCP Server. Cara bypass, pilih menu IP >> Hotspot >> IP Bindings. Kemudian tambahkan Mac Address dari user yang akan di-bypass

Jika menggunakan bypass cara ini, untuk dapat melakukan management user yang di-bypass kita harus menandai terlebih dahulu paket yang lewat router dengan mac address tersebut. Kita bisa menggunakan fitur Mangle. Pertama kita  membuat mark-conection terlebih dahulu : IP >> Firewall >> Mangle >>Add
Langkah berikutnya membuat Mark Packet berdasarkan mac-connection yang sudah dibuat sebelumnya, melalui menu IP >> Firewall >> Mangle >>Add
nah ini langkah puncak wkwk , baru bisa kita buat management bandwidth menggunakan simple Queue berdasarkan mark-packet yang sudah dibuat pada mangle. Jangan lupa, pada parameter "Target" silahkan isi dengan segmen jaringan hotspot Anda. 


Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa klik share dan subcribe SALAM SUKSES

Thnk to http://mikrotik.co.id/
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Dinsini,
Berkomentarlah sesuai topik artikel Cara Setting Limit User Yang sudah di Ip Binding.
Untuk komentar yang tidak sesuai topik sebaiknya langsung dibicarakan langsung melalui halaman Off Topic.
Komentar yang menyertakan link tidak akan ditampilkan / dihapus.
bagikan
0 Komentar untuk "Cara Setting Limit User Yang sudah di Ip Binding"

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Back To Top